ANALISIS DAN PENGARUH KEMAMPUAN PROSES MELALUI SIX SIGMA TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN MOTOR (Studi Kasus pada Motor JUPITER-MX di PT. YAMAHA INDONESIA MOTOR MFG.)

Main Author: Yani Syafe'i, Ds
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Teknik UNPAS , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/29232/1/COVER-INVolume%208%20No%204%20Desember%20%202006.doc
http://repository.unpas.ac.id/29232/2/Judul%20Depan%20Volume%208%20Nomor%204%20Desember%20%202006.doc
http://repository.unpas.ac.id/29232/3/2%29.%20Kupros%20Yani%28TMI%29%20Hal-223-240.doc
http://repository.unpas.ac.id/29232/
http://teknik.unpas.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstrak : Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi industri yang begitu cepat dan persaingan yang semakin kompetitif dalam dunia usaha, juga didukung pula oleh perilaku konsumen yang cenderung untuk berubah secara dinamis setiap saat terhadap permintaan produk, perusahaan seringkali dihadapkan pada berbagai permasalahan tentang kualitas. Konsumen menginginkan kualitas setiap produk yang sangat baik dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Setelah dilakukan pengolahan data dengan konsep Motorola’s Six Sigma, maka di dapat jenis-jenis cacat yang berkaitan dengan atribut yang sangat penting berkenaan dengan kebutuhan dan kepuasan pelanggan, serta diperoleh nilai kapabilitas proses perakitan sepeda motor pada Lintasan Produksi A sebesar : 3,65 sigma. Ini menunjukan bahwa DPMO (Defects Per Million Opportunities) masih cukup tinggi, yaitu sebesar : 16.026,12. Sedangkan dari hasil analisis hubungan antar variabel diketahui bahwa dari kelima faktor yang terdapat dalam variabel kemampuan proses, hanya faktor media yang tidak memberikan nilai pengaruh langsung yang signifikan yakni sebesar 0,31 % terhadap kualitas produk. Sedangkan variabel kualitas produk memberikan nilai yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 62,35 %.