“IMPLEMENTASI FLASH CARD PADA GAME UNTUK MELATIH DAYA INGAT (STUDI KASUS ULAR TANGGA MODIFIKASI)”
Daftar Isi:
- Permainan ini masuk kedalam kategori ”board games” seiring dengan munculnya monopoli, halma, ludo dan sebagainya. Bisa dilihat bahwa permainan ular tangga tradisional ini ringan (mudah dimengerti), sederhana peraturannya, mendidik dan menghibur anak-anak dengan cara yang positif dan interaktif. Dalam perkembangan teknologi yang pesat saat ini, keberadaan game ular tangga sudah kurang populer. Untuk itu, perlu dilakukan penerapan teknologi pada game ular tangga. Pada tugas akhir ini dibuat sebuah aplikasi game yang berguna untuk melatih daya ingat anak dengan menggunakan flash card. Kemampuan daya ingat pada anak dapat dioptimalkan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. Stimulasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti bermain, bercerita dan berkomunikasi. Dalam mengimplementasikan flash card pada aplikasi game ular tangga ini dibangun mengikuti metodologi pengembangan perangkat lunak MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Konsep ini merupakan konsep awal yang dilakukan untuk mendeskripsi analisa terhadap kebutuhan aplikasi. Dalam pembangunan aplikasi game edukasi ini menggunakan software adobe flash cs6. Hasil dari tugas akhir ini adalah terbangunnya aplikasi game yang mampu melatih daya ingat anak dan memberikan kemudahan bagi orang tua untuk memberikan pelajaran sambil bermain kepada anak. Kata kunci: flash card, daya ingat, permainan, ular tangga, pengembangan media game, adobe flash CS6,