PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ESI YULASTRI, 115030017
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1775/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1775/2/5.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1775/3/13.%20BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/1775/
Daftar Isi:
  • i PEMBELAJARAN MEN GANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ABSTRAK Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan program yang komprehensif untuk mengajarkan membaca dan menulis pada sekolah menengah. Berkaitan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menganalisis Makna Piktorial dalam Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yan g penulis ajukan adalah sebagai berikut: 1) m ampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? 2) m ampukah sisw a kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar menganalisis makna piktorial dala m teks cerpen dengan tepat? 3) e fektifkah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? Hipotesis yang dir umuskan penulis sebagai berikut: 1) p enulis mampu merenca - nakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integ rated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; 2) s iswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dala m teks cerpen de - ngan tepat; dan 3) m etode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini terbukti d engan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,62 yang termasuk kategori sangat baik; 2) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated R eading and Composition (CIRC) . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 1,8 dan nilai rata - rata postes sebesar 3,3. Peningkatannya sebesar 1,5 ; dan 3) metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelaja ran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 14,146 , t tabel 2,05. Pada tingkat kepercayaan 95% , dan db sebesar 27. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata kunc i: Pembelajaran , Menganalisis , Makna Piktorial , Teks Cerpen , dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) .