PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | ESI YULASTRI, 115030017 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/1775/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/2/5.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/3/13.%20BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/ |
ctrlnum |
1775 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/1775/</relation><title>PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM 
TEKS
CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE 
COOPERATIVE 
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
PADA SISWA KELAS
XI
SMAN
1 BATUJAJAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>ESI YULASTRI, 115030017</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>i
PEMBELAJARAN MEN
GANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM 
TEKS 
CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE 
COOPERATIVE 
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) 
PADA SISWA 
KELAS XI SMA
N 1 BATUJAJAR 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Cooperative Integrated Reading and 
Composition (CIRC)
merupakan program yang 
komprehensif untuk mengajarkan membaca dan menulis pada sekolah menengah. Berkaitan 
dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran 
Menganalisis Makna Piktorial dalam Teks Cerpen 
dengan Menggunakan Metode 
Cooperative 
Integrated Reading and Composition (CIRC)
pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar 
Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yan
g penulis ajukan adalah sebagai 
berikut: 1) m
ampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran 
menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode 
Cooperative 
Integrated Reading and Composition (CIRC)
pada siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Batujajar? 
2) m
ampukah sisw
a kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar menganalisis makna piktorial dala
m 
teks cerpen dengan tepat? 3) e
fektifkah metode 
Cooperative Integrated Reading and 
Composition (CIRC)
digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks 
cerpen pada siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar?
Hipotesis yang dir
umuskan penulis sebagai berikut: 1) p
enulis mampu merenca
-
nakan, 
melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis makna piktorial 
dalam teks 
cerpen dengan menggunakan metode 
Cooperative Integ
rated Reading and Composition 
(CIRC)
pada siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Batujajar;
2) s
iswa kelas XI SMA Negeri 1 
Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dala
m teks cerpen de
-
ngan tepat; dan 
3) 
m
etode 
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC
)
efektif digunakan dalam 
pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA 
Negeri 1 Batujajar.
Adapun hasil penelitian
yang penulis lakukan sebagai berikut:
1) 
penulis mampu 
merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam 
teks cerpen dengan menggunakan metode 
Cooperative Integrated Reading and Composition 
(CIRC)
pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini terbukti d
engan hasil penilaian 
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 
3,62 yang termasuk kategori sangat baik;
2) 
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks 
cerpen dengan menggunakan 
metode 
Cooperative Integrated R
eading and Composition 
(CIRC)
. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata
-
rata pretes sebesar 1,8 dan nilai rata
-
rata postes 
sebesar 3,3. Peningkatannya sebesar 1,5
; dan 3) 
metode 
Cooperative Integrated Reading and 
Composition (CIRC)
digunakan dalam pembelaja
ran menganalisis makna piktorial dalam 
teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil 
t
hitung
sebesar
14,146
, 
t
tabel 
2,05. Pada tingkat kepercayaan 95%
,
dan 
db sebesar 
27. 
Artinya, penulis menyimpulkan 
bahwa semua hipotesis
yang dirumuskan dapat diterima.
Kata kunc
i: 
Pembelajaran
,
Menganalisis
,
Makna Piktorial
, 
Teks Cerpen
, dan 
Metode 
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
.</description><date>2016-03-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/1775/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/1775/2/5.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/1775/3/13.%20BAB%201.pdf</identifier><identifier> ESI YULASTRI, 115030017 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><recordID>1775</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ESI YULASTRI, 115030017 |
title |
PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM
TEKS
CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE
COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
PADA SISWA KELAS
XI
SMAN
1 BATUJAJAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/1775/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/2/5.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/3/13.%20BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/1775/ |
contents |
i
PEMBELAJARAN MEN
GANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM
TEKS
CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE
COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
PADA SISWA
KELAS XI SMA
N 1 BATUJAJAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC)
merupakan program yang
komprehensif untuk mengajarkan membaca dan menulis pada sekolah menengah. Berkaitan
dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran
Menganalisis Makna Piktorial dalam Teks Cerpen
dengan Menggunakan Metode
Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC)
pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar
Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yan
g penulis ajukan adalah sebagai
berikut: 1) m
ampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran
menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode
Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC)
pada siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Batujajar?
2) m
ampukah sisw
a kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar menganalisis makna piktorial dala
m
teks cerpen dengan tepat? 3) e
fektifkah metode
Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC)
digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks
cerpen pada siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar?
Hipotesis yang dir
umuskan penulis sebagai berikut: 1) p
enulis mampu merenca
-
nakan,
melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis makna piktorial
dalam teks
cerpen dengan menggunakan metode
Cooperative Integ
rated Reading and Composition
(CIRC)
pada siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Batujajar;
2) s
iswa kelas XI SMA Negeri 1
Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dala
m teks cerpen de
-
ngan tepat; dan
3)
m
etode
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC
)
efektif digunakan dalam
pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Batujajar.
Adapun hasil penelitian
yang penulis lakukan sebagai berikut:
1)
penulis mampu
merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam
teks cerpen dengan menggunakan metode
Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC)
pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini terbukti d
engan hasil penilaian
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar
3,62 yang termasuk kategori sangat baik;
2)
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks
cerpen dengan menggunakan
metode
Cooperative Integrated R
eading and Composition
(CIRC)
. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata
-
rata pretes sebesar 1,8 dan nilai rata
-
rata postes
sebesar 3,3. Peningkatannya sebesar 1,5
; dan 3)
metode
Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC)
digunakan dalam pembelaja
ran menganalisis makna piktorial dalam
teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil
t
hitung
sebesar
14,146
,
t
tabel
2,05. Pada tingkat kepercayaan 95%
,
dan
db sebesar
27.
Artinya, penulis menyimpulkan
bahwa semua hipotesis
yang dirumuskan dapat diterima.
Kata kunc
i:
Pembelajaran
,
Menganalisis
,
Makna Piktorial
,
Teks Cerpen
, dan
Metode
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
. |
id |
IOS3183.1775 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:05:30Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:16:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044867890249728 |
score |
17.538404 |