PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang)

Main Author: Amhad Apiarohmat, 115010025
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/15713/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/2/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/3/BAB%201%20Ramon.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/5/Bab%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/6/Bab%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/7/BAB-V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/8/DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/
ctrlnum 15713
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15713/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK&#xD; MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN&#xD; PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN &#xD; &#xD; (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1&#xD; Katapang)</title><creator>Amhad Apiarohmat, 115010025</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses&#xD; pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak Asasi Manusia melalui&#xD; Metode think, pair and share terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3&#xD; SMA Negeri 1 Katapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya&#xD; hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang pada mata&#xD; pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selama ini pembelajaran masih&#xD; berorientasi kepada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar yang&#xD; sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang&#xD; digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara&#xD; sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Penelitian ini&#xD; merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif&#xD; antara guru dan peneliti, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI&#xD; IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan&#xD; untuk mengetahui apakah metode think, pair and share mampu meningkatkan hasil&#xD; belajar peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observsai,&#xD; dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan&#xD; siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode think, pair and share dapat&#xD; meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan&#xD; Kewarganegaraan. Hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi&#xD; penilaian RPP sebagai rencana pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan&#xD; peneliti sebagai guru dapat meningkat terbukti dengan adanya peningkatan hasil&#xD; belajar peserta didik. Pada pra tindakan nilai hanya 45,00 jika di persentasekan yaitu&#xD; 16%. Pada siklus I telah meningkat,yaitu 60,00 jika di persentasekan 41%&#xD; sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan nilai ratarata&#xD; 75&#xD; dengan&#xD; persentase&#xD; 84%.&#xD; Kesimpulan&#xD; dari&#xD; penelitian&#xD; ini&#xD; bahwa&#xD; metode&#xD; think,&#xD; &#xD; pair&#xD; and&#xD; share&#xD; dapat&#xD; meningkatkan&#xD; hasil&#xD; belajar&#xD; peserta&#xD; didik.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata&#xD; kunci&#xD; :&#xD; Metode&#xD; Think,&#xD; Pair&#xD; and&#xD; Share,&#xD; Peningkatan,&#xD; Pemahaman,&#xD; dan&#xD; &#xD; Prestasi&#xD; Siswa</description><date>2017-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/3/BAB%201%20Ramon.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/5/Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/6/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/7/BAB-V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/8/DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Amhad Apiarohmat, 115010025 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15713</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amhad Apiarohmat, 115010025
title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang)
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15713/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/2/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/3/BAB%201%20Ramon.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/5/Bab%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/6/Bab%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/7/BAB-V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/8/DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15713/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak Asasi Manusia melalui Metode think, pair and share terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selama ini pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar yang sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode think, pair and share mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observsai, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode think, pair and share dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi penilaian RPP sebagai rencana pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan peneliti sebagai guru dapat meningkat terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pra tindakan nilai hanya 45,00 jika di persentasekan yaitu 16%. Pada siklus I telah meningkat,yaitu 60,00 jika di persentasekan 41% sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan nilai ratarata 75 dengan persentase 84%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Metode Think, Pair and Share, Peningkatan, Pemahaman, dan Prestasi Siswa
id IOS3183.15713
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:49Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:41Z
recordtype dc
_version_ 1766044908532006912
score 17.538404