PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang)
ctrlnum |
15713 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15713/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 

(Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1
Katapang)</title><creator>Amhad Apiarohmat, 115010025</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak Asasi Manusia melalui
Metode think, pair and share terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3
SMA Negeri 1 Katapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya
hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selama ini pembelajaran masih
berorientasi kepada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar yang
sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang
digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara
sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif
antara guru dan peneliti, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI
IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah metode think, pair and share mampu meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observsai,
dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode think, pair and share dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi
penilaian RPP sebagai rencana pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan
peneliti sebagai guru dapat meningkat terbukti dengan adanya peningkatan hasil
belajar peserta didik. Pada pra tindakan nilai hanya 45,00 jika di persentasekan yaitu
16%. Pada siklus I telah meningkat,yaitu 60,00 jika di persentasekan 41%
sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan nilai ratarata
75
dengan
persentase
84%.
Kesimpulan
dari
penelitian
ini
bahwa
metode
think,

pair
and
share
dapat
meningkatkan
hasil
belajar
peserta
didik.



Kata
kunci
:
Metode
Think,
Pair
and
Share,
Peningkatan,
Pemahaman,
dan

Prestasi
Siswa</description><date>2017-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/3/BAB%201%20Ramon.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/5/Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/6/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/7/BAB-V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15713/8/DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Amhad Apiarohmat, 115010025 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15713</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Amhad Apiarohmat, 115010025 |
title |
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1
Katapang) |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15713/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/2/abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/3/BAB%201%20Ramon.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/5/Bab%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/6/Bab%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/7/BAB-V.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/8/DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/15713/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak Asasi Manusia melalui
Metode think, pair and share terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3
SMA Negeri 1 Katapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya
hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selama ini pembelajaran masih
berorientasi kepada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar yang
sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang
digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara
sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif
antara guru dan peneliti, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI
IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah metode think, pair and share mampu meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observsai,
dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode think, pair and share dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi
penilaian RPP sebagai rencana pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan
peneliti sebagai guru dapat meningkat terbukti dengan adanya peningkatan hasil
belajar peserta didik. Pada pra tindakan nilai hanya 45,00 jika di persentasekan yaitu
16%. Pada siklus I telah meningkat,yaitu 60,00 jika di persentasekan 41%
sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan nilai ratarata
75
dengan
persentase
84%.
Kesimpulan
dari
penelitian
ini
bahwa
metode
think,
pair
and
share
dapat
meningkatkan
hasil
belajar
peserta
didik.
Kata
kunci
:
Metode
Think,
Pair
and
Share,
Peningkatan,
Pemahaman,
dan
Prestasi
Siswa |
id |
IOS3183.15713 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:49Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044908532006912 |
score |
17.538404 |