PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KANTIN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (STUDI KASUS: KANTIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN)
Main Authors: | RIA NURJANAH, 123040177, Caca Emile Supriana, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/15654/1/Bab1_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/2/Abstrak_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/3/Cover_dll_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/ http://teknik.unpas.ac.id |
ctrlnum |
15654 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15654/</relation><title>PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KANTIN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (STUDI KASUS: KANTIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN)</title><creator>RIA NURJANAH, 123040177</creator><creator>Caca Emile Supriana, DS</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Kantin (dari Bahasa belanda: kantine) adalah sebuah ruangan atau tempat yang dapat digunakan
pengunjung untuk makan. Kantin hampir selalu ada di setiap universitas di Indonesia. Pesan, bayar,
duduk adalah prinsip para pengguna fasilitas kantin. Pada saat ini kantin menjadi suatu fasilitas yang
wajib ada pada suatu universitas, keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai tempat untuk membeli
makanan atau minuman. Masalah yang muncul pada sistem pelayanan kantin adalah kesulitan dalam
melayani pemesanan terlebih disaat jam istirahat, dengan jumlah yang tidak seimbang antara konsumen
dan penjual yang ada di kantin ini menyebabkan beberapa masalah. Banyak konsumen yang
membatalkan pesanan karena proses pelayanan yang lama, belum lagi dengan ruang yang terbatas, tidak
jarang konsumen yang telah mendapatkan pesanannya namun tidak mendapatkan meja. melihat masalah
tersebut diperlukannya sebuah solusi untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap kantin.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi Kantin UNPAS
Bandung dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) sebagai konsep untuk
menganalisis dan mengidentifikasi konsumen, metodologi Structured System Analysis and Design
Methods (SSADM), konsep Work System Framework.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan Sistem Informasi Kantin studi kasus Fakultas Teknik
UNPAS dengan menerapkan konsep CRM. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi
dalam meningkatkan pelayanan kantin sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Kata Kunci : Sistem Informasi Kantin, CRM, Metodologi SSADM, Work System Framework</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15654/1/Bab1_123040177.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15654/2/Abstrak_123040177.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15654/3/Cover_dll_123040177.pdf</identifier><identifier> RIA NURJANAH, 123040177 and Caca Emile Supriana, DS (2017) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KANTIN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (STUDI KASUS: KANTIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik. </identifier><relation>http://teknik.unpas.ac.id</relation><recordID>15654</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIA NURJANAH, 123040177 Caca Emile Supriana, DS |
title |
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KANTIN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (STUDI KASUS: KANTIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN) |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15654/1/Bab1_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/2/Abstrak_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/3/Cover_dll_123040177.pdf http://repository.unpas.ac.id/15654/ http://teknik.unpas.ac.id |
contents |
Kantin (dari Bahasa belanda: kantine) adalah sebuah ruangan atau tempat yang dapat digunakan
pengunjung untuk makan. Kantin hampir selalu ada di setiap universitas di Indonesia. Pesan, bayar,
duduk adalah prinsip para pengguna fasilitas kantin. Pada saat ini kantin menjadi suatu fasilitas yang
wajib ada pada suatu universitas, keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai tempat untuk membeli
makanan atau minuman. Masalah yang muncul pada sistem pelayanan kantin adalah kesulitan dalam
melayani pemesanan terlebih disaat jam istirahat, dengan jumlah yang tidak seimbang antara konsumen
dan penjual yang ada di kantin ini menyebabkan beberapa masalah. Banyak konsumen yang
membatalkan pesanan karena proses pelayanan yang lama, belum lagi dengan ruang yang terbatas, tidak
jarang konsumen yang telah mendapatkan pesanannya namun tidak mendapatkan meja. melihat masalah
tersebut diperlukannya sebuah solusi untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap kantin.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi Kantin UNPAS
Bandung dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) sebagai konsep untuk
menganalisis dan mengidentifikasi konsumen, metodologi Structured System Analysis and Design
Methods (SSADM), konsep Work System Framework.
Hasil dari penelitian ini adalah rancangan Sistem Informasi Kantin studi kasus Fakultas Teknik
UNPAS dengan menerapkan konsep CRM. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi
dalam meningkatkan pelayanan kantin sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Kata Kunci : Sistem Informasi Kantin, CRM, Metodologi SSADM, Work System Framework |
id |
IOS3183.15654 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:45Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044908345360384 |
score |
17.538404 |