PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI, PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan, Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Kegiatan Pembelajaran Ke-4 di Kelas IV SDN Aria Sacanagara Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung )
ctrlnum |
15514 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15514/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI, PERCAYA DIRI DAN
RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
TERPADU
( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan, Sub Tema
Keberagaman Budaya Bangsaku Kegiatan Pembelajaran Ke-4 di Kelas IV SDN
Aria Sacanagara Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung )</title><creator>Santi Zalianty, 105060140</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi, rasa ingin tahu
dan percaya diri peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based
Learning dalam pembelajaran Tematik Terpadu Penelitian tindakan kelas
dilaksanakan di kelas IV SDN Aria Sacanagara. Penelitian ini dilatar belakangi
dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN Aria Sacanagara yang tidak kritis
didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah
konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya
model pembelajaran Problem Based Learning (Pemecahan Masalah) belum
pernah dilaksanakan. 
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik
evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik
tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui
aktivitas Problem Based Learning (Pemecahan Masalah) peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu
pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 2,94 dengan kategori baik, siklus II 3,24
dengan kategori sangat baik. 
Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan
model pembelajaran Problem Based learning sangat menunjang terhadap
peningkatan kemampuan pemecahan masalah sendiri oleh peserta didik pada tema
Indahnya Kebersamaan, Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV
Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem
Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan
pada pembelajaran Tematik Terpadu.

Kata kunci: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/3/ABSTRAK%20INGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15514/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Santi Zalianty, 105060140 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI, PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan, Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Kegiatan Pembelajaran Ke-4 di Kelas IV SDN Aria Sacanagara Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15514</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Santi Zalianty, 105060140 |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI, PERCAYA DIRI DAN
RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
TERPADU
( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan, Sub Tema
Keberagaman Budaya Bangsaku Kegiatan Pembelajaran Ke-4 di Kelas IV SDN
Aria Sacanagara Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung ) |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15514/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/3/ABSTRAK%20INGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/6/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/7/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/8/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/15514/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi, rasa ingin tahu
dan percaya diri peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based
Learning dalam pembelajaran Tematik Terpadu Penelitian tindakan kelas
dilaksanakan di kelas IV SDN Aria Sacanagara. Penelitian ini dilatar belakangi
dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN Aria Sacanagara yang tidak kritis
didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah
konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya
model pembelajaran Problem Based Learning (Pemecahan Masalah) belum
pernah dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik
evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik
tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui
aktivitas Problem Based Learning (Pemecahan Masalah) peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu
pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 2,94 dengan kategori baik, siklus II 3,24
dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan
model pembelajaran Problem Based learning sangat menunjang terhadap
peningkatan kemampuan pemecahan masalah sendiri oleh peserta didik pada tema
Indahnya Kebersamaan, Sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV
Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem
Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan
pada pembelajaran Tematik Terpadu.
Kata kunci: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah |
id |
IOS3183.15514 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:42Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044907655397376 |
score |
17.538404 |