Daftar Isi:
  • Keterampilan kerjasama adalah suatu kegiatan sekelompok orang untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara bersama- sama. Realitas di lapangan tidak demikian, belum diterapkan cara bekerjasama dengan baik dalam kelompok siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa adalah model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Model pembelajaran ini memiliki kekhasan tersendiri. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS, menyusun langkah pelaksanaan pembelajaran IPS, mengetahui peningkatan keterampilan kerjasama siswa, mengetahui respon siswa, dan mengetahui nilai yang dicapai siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Merdeka 5/5 Bandung. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah dengan menilai aktivitas guru dan siswa, kuis, kerja kelompok, respon dan nilai siswa. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa dalam kelompok pada mata pelajaran IPS topik kenampakan alam. Kata Kunci : Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Keterampilan Kerjasama