Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilpenelitian yang penelitilakukanpadaSeksiPelayanan Kantor KecamatanUjungberung Kota Bandung, diperolehketeranganbahwakualitaspelayananmasihrendah. Hal initerlihatdariindikatorsebagaiberikut : (1) Kurangnyakepekaanataudayatanggap yang dimilikipegawai Kantor KecamatanUjungberung Kota Bandung dalammelayanimasyarakat, (2) Kurangnyakeandalan yang dimilkipegawaidalammemberikanpelayanan yang maksimalkepadamasyarakat. Berdasarkanpermasalahantersebutpenelitimendugadisebabkanoleh : (1) Bahwasebagianpegawaidalammemberikanpelayanankepadamasyarakatyaknidalamhalmemberikanpenjelasanakanmekanismepembuatan e-KTP dipandangsecaraefektifmensosialisasikankepadamasyarakat, (2) Setiappegawaimemilikikebutuhandanharapan yang berbedadalampencapaianhidupnya, haltersebutmenjadikanpegawaimemilikiragampilihanbertindak yang berbeda-bedasesuaidenganapa yang menjaditujuannya. Metodepenelitian yang digunakanolehpenelitiadalahmetodeberlangsungdenganmenggambarkankejadian-kejadianatauperistiwa-peristiwa yang digunakanuntukmencaridanmengumpulkan data danfakta yang diperolehdarilapanganmenurutSugiyono (2014:3). Kesimpulanbahwaperilakuorganisasimemilikipengaruh yang kuatterhadapkualitaspelayanan, karenaperilakuorganisasisangatpentingdalammemberikankualitaspelayanankepadamasyarakat. Hasilkerangkapemikirantersebut di atas, makapenelitimerumuskanhipotesissebagaiberikut :AdanyaPengaruhPerilakuOrganisasiTerhadapKualitasPelayananPada Kantor KecamtanUjungberung Kota Bandung. Hambatan – hambatan yang dihadapiantaralainsumberdayamanusiabelumprofesional, halinikarenaketidakmerataankemampuan yang dimilikipegawai, saranadanprasarana yang kurangmenunjangdalampelaksanaankerjasehinggaberpengaruhterhadapkualitaspelayanan yang dihasilkanpegawai. Usaha – usaha yang dilakukanuntukmengatasihambatan – hambatan, dilakukannyapendidikandanpelatihankepadapegawaidengantujuanmeningkatkankemampuanpegawaidalampelaksanaankerja agar pegawaimemilikikemampuan yang sejajardengan yang lainnya, Pimpinanmemberikankenyamanandenganmenyediakanruangtunggubagimasyarakatdengancaramengusulkankepihakpemerintahdaerah Kota Bandung untukdibangunruangtunggu yang cukupbesar, haltersebuttelahdirencanakanpada program 5 tahunan Kantor KecamatanUjungberung Kota Bandung. Kata Kunci :PerilakuOrganisasidanKualitasPelayanan