PENGARUH PENDEKATAN OPEN- ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA
Main Author: | Sera Mary Perdana, 125050084 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13294/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/2/ABSTRAK%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/4/bab%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/5/bab%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13294/ |
Daftar Isi:
- Pendekatan pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Open- Ended. Pendekatan Open- Ended diformulasikan dengan kemungkinan cara dan jawaban- jawaban benar bisa bervariasi (divergen, problem terbuka). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis kelompok siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Open- Ended lebih baik daripada kelompok siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa; 2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Open- Ended dalam pembelajaran matematika. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung. Dipilih dua kelas secara acak untuk dijadikan sampel, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis yang berisi soal matematika pemecahan masalah yang mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dan skala sikap untuk mengetahui ciri- ciri sikap kritis yang dimiliki siswa. Analisis pengolahan data dapat menggunakan program spss statistic 18.0 yang meliputi pengujian: 1) uji normalitas; 2) uji homogenitas; 3) uji- t. berdasarkan analisis data data, disimpulkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Open- Ended lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; 2) siswa bersikap positif terhadap penggunaan pembelajaran dengan pendekatan Open- Ended dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Berpikir kritis Matematis, Open- Ended.