Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran LAPS - Heuristik dengan yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, serta mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran LAPS - Heuristik . Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen d engan desain kelompok kontrol non - ekuivalen . Sampel pada penelitian ini adalah dua kelompok kelas X yang dipilih secara acak dari SMA Pasundan 8 Bandung dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA di Bandung . Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan pem ahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran LAPS - Heuristik dengan s iswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ekspositori berbeda secara signifikan. (2) Respon siswa positif terhadap pe mbe lajaran mate matika dengan menggunakan model pembelajaran LAPS - Heuristik . Kata Kunci : pemahaman matematis, LAPS - Heuristik , sikap.