PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP

Main Author: Dimas Widyanarko, 125050011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/
Daftar Isi:
  • Dimas Widyanarko (125050011) : Penin g katan Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Meng g unakan Pe ndekatan Matematika Realistik (PMR ) pada Siswa SMP Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jen jang pendidikan. Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh siswa . Namun kemampuan komunikasi mate matis siswa ternyata masih rendah . Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pro ses belajar sebab pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus pada guru . Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran mengunakan P endekatan Matematika Realistik (PMR) . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP N 2 Sukaresmi , Cianjur . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sukaresmi sebanyak dua kelas yang d ipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang d igunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, Pembelajaran meng g unakan Pendekatan Matematika Realistik dan soal - soal instrumen kemampuan komunikasi . Tes diujicobaka n terlebih dahulu d i kelas VIII . Berdasarkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 18 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Hasil analisis data menujukan 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran biasa ; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika . Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). Kata kunci : Komunikasi Matematis , Pendekatan Matematika Realistik