PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP

Main Author: Dimas Widyanarko, 125050011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/
ctrlnum 13119
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13119/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA &#xD; DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN &#xD; PEMBELAJARAN &#xD; MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP</title><creator>Dimas Widyanarko, 125050011</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Dimas Widyanarko (125050011) : &#xD; Penin&#xD; g&#xD; katan Kemampuan Komunikasi &#xD; Matematika Dalam Pembelajaran Meng&#xD; g&#xD; unakan Pe&#xD; ndekatan Matematika &#xD; Realistik (PMR&#xD; ) pada Siswa SMP &#xD; Matematika merupakan salah satu mata&#xD; pelajaran&#xD; yang diajarkan di&#xD; setiap jen&#xD; jang &#xD; pendidikan.&#xD; Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang &#xD; perlu dimiliki oleh siswa&#xD; . Namun kemampuan &#xD; komunikasi&#xD; mate&#xD; matis siswa &#xD; ternyata masih rendah&#xD; . &#xD; Hal tersebut disebabkan karena&#xD; kurangnya keterlibatan &#xD; siswa dalam pro&#xD; ses belajar sebab &#xD; pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus &#xD; pada guru&#xD; . &#xD; Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan &#xD; kemampuan &#xD; komunikasi&#xD; matematis adalah &#xD; pembelajaran &#xD; mengunakan &#xD; P&#xD; endekatan&#xD; Matematika Realistik (PMR)&#xD; .&#xD; Menurut metodenya, penelitian ini adalah &#xD; penelitian &#xD; eksperimen&#xD; . &#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa &#xD; kelas&#xD; VII di SMP&#xD; N&#xD; 2 Sukaresmi&#xD; , &#xD; Cianjur&#xD; . &#xD; Adapun sampel penelitiannya &#xD; adalah siswa kelas &#xD; VII &#xD; SMP N 2 Sukaresmi &#xD; sebanyak dua kelas yang d&#xD; ipilh secara acak menurut kelas. &#xD; Instrumen yang d&#xD; igunakan dalam penelitian &#xD; berupa tes &#xD; tipe uraian soal&#xD; -&#xD; soal &#xD; kemampuan &#xD; komunikasi&#xD; matematis dan skala sikap&#xD; yang &#xD; menggunakan model &#xD; Skala Likert&#xD; . Skala sikap berisikan pernyataan&#xD; -&#xD; pernyataan mengenai pelajaran &#xD; matematika, &#xD; Pembelajaran meng&#xD; g&#xD; unakan Pendekatan &#xD; Matematika Realistik&#xD; dan&#xD; soal&#xD; -&#xD; soal instrumen kemampuan komunikasi&#xD; . Tes diujicobaka&#xD; n terlebih dahulu&#xD; d&#xD; i &#xD; kelas &#xD; VIII&#xD; . &#xD; Berdasarkan&#xD; analisis hasil uji coba&#xD; , semua soal &#xD; tes &#xD; layak &#xD; untuk &#xD; dipak&#xD; ai &#xD; penelitian. &#xD; Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji&#xD; -&#xD; t melalui program &#xD; SPSS 18&#xD; .0 for Windows&#xD; yaitu dengan menggunakan &#xD; Independent Sample t&#xD; -&#xD; Tes&#xD; .&#xD; Hasil analisis data menujukan 1) &#xD; kemampuan &#xD; komunikasi&#xD; matematis siswa &#xD; dengan &#xD; pembelajaran &#xD; meng&#xD; g&#xD; unakan &#xD; P&#xD; endekatan &#xD; Matematika Realistik&#xD; lebih baik &#xD; dari&#xD; pada &#xD; pembelajaran&#xD; biasa&#xD; ;&#xD; 2) &#xD; siswa bersikap positif terhadap pembelajaran &#xD; meng&#xD; g&#xD; unakan P&#xD; endekatan &#xD; Matematika Realistik &#xD; dalam pembelajaran matematika&#xD; .&#xD; Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk&#xD; mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat &#xD; peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). &#xD; Kata kunci&#xD; :&#xD; Komunikasi&#xD; Matematis&#xD; ,&#xD; Pendekatan Matematika Realistik</description><date>2016-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Dimas Widyanarko, 125050011 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13119</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dimas Widyanarko, 125050011
title PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13119/
contents Dimas Widyanarko (125050011) : Penin g katan Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Meng g unakan Pe ndekatan Matematika Realistik (PMR ) pada Siswa SMP Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jen jang pendidikan. Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh siswa . Namun kemampuan komunikasi mate matis siswa ternyata masih rendah . Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pro ses belajar sebab pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus pada guru . Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran mengunakan P endekatan Matematika Realistik (PMR) . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP N 2 Sukaresmi , Cianjur . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sukaresmi sebanyak dua kelas yang d ipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang d igunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, Pembelajaran meng g unakan Pendekatan Matematika Realistik dan soal - soal instrumen kemampuan komunikasi . Tes diujicobaka n terlebih dahulu d i kelas VIII . Berdasarkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 18 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Hasil analisis data menujukan 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran biasa ; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika . Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). Kata kunci : Komunikasi Matematis , Pendekatan Matematika Realistik
id IOS3183.13119
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:32Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:59Z
recordtype dc
_version_ 1766044898714189824
score 17.538404