PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP
Main Author: | Dimas Widyanarko, 125050011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/ |
ctrlnum |
13119 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13119/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA 
DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 
PEMBELAJARAN 
MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP</title><creator>Dimas Widyanarko, 125050011</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Dimas Widyanarko (125050011) : 
Penin
g
katan Kemampuan Komunikasi 
Matematika Dalam Pembelajaran Meng
g
unakan Pe
ndekatan Matematika 
Realistik (PMR
) pada Siswa SMP 
Matematika merupakan salah satu mata
pelajaran
yang diajarkan di
setiap jen
jang 
pendidikan.
Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang 
perlu dimiliki oleh siswa
. Namun kemampuan 
komunikasi
mate
matis siswa 
ternyata masih rendah
. 
Hal tersebut disebabkan karena
kurangnya keterlibatan 
siswa dalam pro
ses belajar sebab 
pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus 
pada guru
. 
Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan 
kemampuan 
komunikasi
matematis adalah 
pembelajaran 
mengunakan 
P
endekatan
Matematika Realistik (PMR)
.
Menurut metodenya, penelitian ini adalah 
penelitian 
eksperimen
. 
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa 
kelas
VII di SMP
N
2 Sukaresmi
, 
Cianjur
. 
Adapun sampel penelitiannya 
adalah siswa kelas 
VII 
SMP N 2 Sukaresmi 
sebanyak dua kelas yang d
ipilh secara acak menurut kelas. 
Instrumen yang d
igunakan dalam penelitian 
berupa tes 
tipe uraian soal
-
soal 
kemampuan 
komunikasi
matematis dan skala sikap
yang 
menggunakan model 
Skala Likert
. Skala sikap berisikan pernyataan
-
pernyataan mengenai pelajaran 
matematika, 
Pembelajaran meng
g
unakan Pendekatan 
Matematika Realistik
dan
soal
-
soal instrumen kemampuan komunikasi
. Tes diujicobaka
n terlebih dahulu
d
i 
kelas 
VIII
. 
Berdasarkan
analisis hasil uji coba
, semua soal 
tes 
layak 
untuk 
dipak
ai 
penelitian. 
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji
-
t melalui program 
SPSS 18
.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan 
Independent Sample t
-
Tes
.
Hasil analisis data menujukan 1) 
kemampuan 
komunikasi
matematis siswa 
dengan 
pembelajaran 
meng
g
unakan 
P
endekatan 
Matematika Realistik
lebih baik 
dari
pada 
pembelajaran
biasa
;
2) 
siswa bersikap positif terhadap pembelajaran 
meng
g
unakan P
endekatan 
Matematika Realistik 
dalam pembelajaran matematika
.
Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk
mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat 
peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). 
Kata kunci
:
Komunikasi
Matematis
,
Pendekatan Matematika Realistik</description><date>2016-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Dimas Widyanarko, 125050011 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13119</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dimas Widyanarko, 125050011 |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA
DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/13119/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/1/cover%20skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13119/ |
contents |
Dimas Widyanarko (125050011) :
Penin
g
katan Kemampuan Komunikasi
Matematika Dalam Pembelajaran Meng
g
unakan Pe
ndekatan Matematika
Realistik (PMR
) pada Siswa SMP
Matematika merupakan salah satu mata
pelajaran
yang diajarkan di
setiap jen
jang
pendidikan.
Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang
perlu dimiliki oleh siswa
. Namun kemampuan
komunikasi
mate
matis siswa
ternyata masih rendah
.
Hal tersebut disebabkan karena
kurangnya keterlibatan
siswa dalam pro
ses belajar sebab
pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus
pada guru
.
Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan
komunikasi
matematis adalah
pembelajaran
mengunakan
P
endekatan
Matematika Realistik (PMR)
.
Menurut metodenya, penelitian ini adalah
penelitian
eksperimen
.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa
kelas
VII di SMP
N
2 Sukaresmi
,
Cianjur
.
Adapun sampel penelitiannya
adalah siswa kelas
VII
SMP N 2 Sukaresmi
sebanyak dua kelas yang d
ipilh secara acak menurut kelas.
Instrumen yang d
igunakan dalam penelitian
berupa tes
tipe uraian soal
-
soal
kemampuan
komunikasi
matematis dan skala sikap
yang
menggunakan model
Skala Likert
. Skala sikap berisikan pernyataan
-
pernyataan mengenai pelajaran
matematika,
Pembelajaran meng
g
unakan Pendekatan
Matematika Realistik
dan
soal
-
soal instrumen kemampuan komunikasi
. Tes diujicobaka
n terlebih dahulu
d
i
kelas
VIII
.
Berdasarkan
analisis hasil uji coba
, semua soal
tes
layak
untuk
dipak
ai
penelitian.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji
-
t melalui program
SPSS 18
.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan
Independent Sample t
-
Tes
.
Hasil analisis data menujukan 1)
kemampuan
komunikasi
matematis siswa
dengan
pembelajaran
meng
g
unakan
P
endekatan
Matematika Realistik
lebih baik
dari
pada
pembelajaran
biasa
;
2)
siswa bersikap positif terhadap pembelajaran
meng
g
unakan P
endekatan
Matematika Realistik
dalam pembelajaran matematika
.
Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk
mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat
peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP).
Kata kunci
:
Komunikasi
Matematis
,
Pendekatan Matematika Realistik |
id |
IOS3183.13119 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:32Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044898714189824 |
score |
17.538404 |