METODE MENENTUKAN KEBUTUHAN ARMADA PENJUALAN: STUDI KASUS CABANG JAKARTA DARI LIGI PERUSAHAAN ASURANSI UMUM DI INDONESIA

Main Author: Brata, Wibawa Djojo
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Binus University , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.binus.ac.id/13604/1/34%20-%20MN%20-%20Brata%20Wibawa_OK-ABSTRACT.pdf
http://eprints.binus.ac.id/13604/
Daftar Isi:
  • Kendala yang dihadapi oleh kebanyakan perusahaan untuk armada penjualannya adalah tingkat turnover karyawan yang tinggi atau tidak tercapainya target penjualan karena armada penjualan yang tidak kompeten atau target yang ditentukan terlalu tinggi. Di lain pihak, adanya anggapan dari pihak manajemen bahwa armada penjualan tidak kompeten dan permintaan terhadap penambahan sumber daya manusia dirasakan sebagai pemborosan biaya. Melalui penelitian ini, penulis hendak melakukan perumusan sederhana terhadap program penjualan di cabang Jakarta perusahaan asuransi umum LIGI (JLIGI) terhadap armada penjualan yang dimiliki termasuk perencanaan di tahun 2011. Salah satu perumusan yang dilakukan adalah menentukan banyaknya armada penjualan yang perlu diperhitungkan oleh JLIGI dari tahun ke tahun, dengan metode penguraian (breakdown method), metode beban pekerjaan (workload method) dan metode penambahan (incremental method). Pada penerapan ketiga metode tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, di mana metode penguraian merupakan metode yang paling sederhana, metode beban pekerjaan merupakan metode yang lebih terstruktur dan metode penambahan memerlukan analisis biaya dan tingkat profitabilitas dalam tahun bersangkutan.