PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP DAGING SAPI KEMASAN DI KOTA PADANG

Main Author: DIA, FITRI YANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/8680/1/1819.pdf
http://scholar.unand.ac.id/8680/
Daftar Isi:
  • Salah satu upaya yang dapat di tempuh untuk meningkatkan pendapatan peternak dimasa yang akan datang adalah dengan mencari terobosan tentang pemasaran ternak sapi yang menguntungkan peternak. Terobosan yang dimaksud adalah dengan memperpendek rantai tataniaga ternak sapi tersebut. Ternak sapi selama ini dipasarkan melalui rantai tataniaga yang panjang dan kompleks seperti yang telah di jelaskan diatas. Dimasa yang akan datang diupayakan memasarkan ternak sapi melalui daging sapi kemasan dengan melibatkan Rumah Potong Hewan (RPH). Petani peternak yang tergolong dalam kelompok tani ternak memotong ternaknya di Rumah Potong Hewan. Daginsapi yang dipotong di kandang secara higienis untuk selanjutnya dijual dengan kemasan. Seperti di ketahui bahwa selama ini banyak masyarakat membeli daging di pasar tradisional. Daging sapi digelar begitu saja dimeja jualan, selanjutnya kondisi yang demikian sangat memungkinkan daging tersebut tercemar oleh mikroba (bakteri dan jamur) yang membuat daging tidak higienis. Di sisi lain para konsumen saat ini sudah berfikir untuk mengkonsumsi bahan pangan dengan ASUH (Aman Sehat Utuh Halal). Salah satu upaya adalah dengan menyediakan daging dalam bentuk kemasan. Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik melakukan penelitian ini dengan judul PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP DAGING SAPI KEMASAN DI KOTA PADANG.