Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL)
Main Author: | Anggraeni, Yola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/29908/31/1.%20Abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/29908/2/2.%20Bab%201.pdf http://scholar.unand.ac.id/29908/3/3.%20Bab%20akhir.pdf http://scholar.unand.ac.id/29908/4/4.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://scholar.unand.ac.id/29908/5/5.%20Tugas%20akhir%20ilmiah%20utuh.pdf http://scholar.unand.ac.id/29908/ |
Daftar Isi:
- Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan metode PBL sejak tahun 2004. Dokter lulusan PBL ini diharapkan menguasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL berdasarkan persepsi dokter umum, paramedis (perawat), pasien dan dokter PBL itu sendiri. Data didapatkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan 103 orang informan, 10 orang dokter umum, 10 orang perawat, 60 orang pasien dan 23 orang dokter lulusan PBL FK Unand, yang dipilih dengan metode purposif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit di kota Padang. Kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL menurut persepsi dokter umum, paramedis, pasien dan dokter lulusan PBL sendiri sebagian besar baik terutama pada aspek komunikasi. Hal-hal yang masih perlu peningkatan adalah aspek keterampilan melakukan tindakan medik dan kegawatdaruratan seperti keterampilan menjahit, pemasangan nasogastric tube, tindakan sirkumsisi, penanganan kasus perdarahan serta kedaruratan nafas dan jantung. Selain itu kehadiran tepat waktu, rasa percaya diri dan kemampuan mengelola pasien secara komprehensif dokter PBL masih perlu ditingkatkan.