Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL)

Main Author: Anggraeni, Yola
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/29908/31/1.%20Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/2/2.%20Bab%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/3/3.%20Bab%20akhir.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/4/4.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/5/5.%20Tugas%20akhir%20ilmiah%20utuh.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/
ctrlnum 29908
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://scholar.unand.ac.id/29908/</relation><title>Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL)</title><creator>Anggraeni, Yola</creator><subject>RZ Other systems of medicine</subject><description>Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan metode PBL sejak tahun 2004. Dokter lulusan PBL ini diharapkan menguasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL berdasarkan persepsi dokter umum, paramedis (perawat), pasien dan dokter PBL itu sendiri.&#xD; Data didapatkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan 103 orang informan, 10 orang dokter umum, 10 orang perawat, 60 orang pasien dan 23 orang dokter lulusan PBL FK Unand, yang dipilih dengan metode purposif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit di kota Padang. Kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL menurut persepsi dokter umum, paramedis, pasien dan dokter lulusan PBL sendiri sebagian besar baik terutama pada aspek komunikasi. Hal-hal yang masih perlu peningkatan adalah aspek keterampilan melakukan tindakan medik dan kegawatdaruratan seperti keterampilan menjahit, pemasangan nasogastric tube, tindakan sirkumsisi, penanganan kasus perdarahan serta kedaruratan nafas dan jantung. Selain itu kehadiran tepat waktu, rasa percaya diri dan kemampuan mengelola pasien secara komprehensif dokter PBL masih perlu ditingkatkan.</description><date>2017-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://scholar.unand.ac.id/29908/31/1.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://scholar.unand.ac.id/29908/2/2.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://scholar.unand.ac.id/29908/3/3.%20Bab%20akhir.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://scholar.unand.ac.id/29908/4/4.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://scholar.unand.ac.id/29908/5/5.%20Tugas%20akhir%20ilmiah%20utuh.pdf</identifier><identifier> Anggraeni, Yola (2017) Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL). Diploma thesis, Universitas Andalas. </identifier><recordID>29908</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anggraeni, Yola
title Analisis Kualitas Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL)
publishDate 2017
topic RZ Other systems of medicine
url http://scholar.unand.ac.id/29908/31/1.%20Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/2/2.%20Bab%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/3/3.%20Bab%20akhir.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/4/4.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/5/5.%20Tugas%20akhir%20ilmiah%20utuh.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29908/
contents Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan metode PBL sejak tahun 2004. Dokter lulusan PBL ini diharapkan menguasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL berdasarkan persepsi dokter umum, paramedis (perawat), pasien dan dokter PBL itu sendiri. Data didapatkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan 103 orang informan, 10 orang dokter umum, 10 orang perawat, 60 orang pasien dan 23 orang dokter lulusan PBL FK Unand, yang dipilih dengan metode purposif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit di kota Padang. Kualitas dokter lulusan FK Unand yang belajar dengan metode PBL menurut persepsi dokter umum, paramedis, pasien dan dokter lulusan PBL sendiri sebagian besar baik terutama pada aspek komunikasi. Hal-hal yang masih perlu peningkatan adalah aspek keterampilan melakukan tindakan medik dan kegawatdaruratan seperti keterampilan menjahit, pemasangan nasogastric tube, tindakan sirkumsisi, penanganan kasus perdarahan serta kedaruratan nafas dan jantung. Selain itu kehadiran tepat waktu, rasa percaya diri dan kemampuan mengelola pasien secara komprehensif dokter PBL masih perlu ditingkatkan.
id IOS3153.29908
institution Universitas Andalas
institution_id 24
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Andalas
library_id 275
collection eSkripsi Universitas Andalas
repository_id 3153
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS3153
first_indexed 2017-10-19T23:07:08Z
last_indexed 2017-10-19T23:07:08Z
recordtype dc
_version_ 1766034902312026112
score 17.538404