Daftar Isi:
  • Keberhasilan dari bisnis jasa kurir, sangat tergantung dari penilaian pelanggan sebagai konsumen. Produsen jasa kurir harus lebih memahami pelanggan dengan baik yaitu, melalui peningkatan kualitas layanan yang selalu diperhatikan oleh pihak manajemen jasa kurir. Kualitas layanan yang baik dapat memberikan kepuasaan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa senang sehingga menjadi nilai unggul bagi produsen jasa kurir di mata pelanggan. Nilai unggul tersebut biasanya dinilai dari penawaran kualitas jasa yang lebih berkualitas terutama jaminan kecepatan waktu tempuh kiriman, ketepatan penyerahan kiriman, keamanan kiriman, penciptaan kemudahaan bagi pelanggan melalui teknologi, meningkatkan performa para petugas pelayanan, penciptaan berbagai kenyamanan dalam pelayanan, dibentuknya unit unit khusus untuk pelayanan kepada pelanggan-pelanggan tertentu yang dianggap potensial serta keandalan dalam memberikan informasi-informasi yang diberikan pelanggan. Hal itulah yang mendorong pihak manajemen jasa kurir untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pelanggan. Setiap manajemen berlomba untuk memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan harapan para konsumen. Menurut, Menurut Parasuraman (2001) menyatakan bahwa konsep kualitas layanan yang diharapkan dan dirasakan ditentukan oleh kualitas layanan, begitu juga yang terjadi di PT.TIKI, Tbk PADANG semua aktivitas jasa yang terjadi di sana harus sesuai dengan prosedur yang ada guna untuk memberikan kualitas layanan yang terbaik untuk kepuasaan pelanggan. Sedangkan menurut Tjiptono (1997) menyatakan kualitas pelayanan merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk begitu juga jasa guna untuk memenuhi atau melebihi harapan. Begitu juga yang terjadi di PT.TIKI, Tbk PADANG yang bergerak di bidang jasa ini sangat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan bahkan lebih guna untuk memberikan kepuasaaan kepada pelanggan. PT.TIKI Tbk Padang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa kurir yang juga berupaya memberikan dan mengembangkan berbagai strategi menarik guna untuk pelanggan dan menjadikan pelanggan-pelanggan yang ada memiliki loyalitas terhadap penggunaan jasa tersebut. Berkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan ini PT.TIKI tersebar di seluruh Indonesia bahkan sudah memasuki wilayah di luar Indonesia.