Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kompetensi Spesifikasi dan Karakteristik Beton. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas sehingga berjumlah 60 orang peserta didik. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara simple random sampling dengan mengambil sebanyak dua kelas. Kelas X DPIB-A sebagai kelas eksperiment dan X DPIB-B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik adalah tes pilihan berganda sebanyak 36 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data hasil belajar analisis untuk menguji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan Strategi Pembelajaran Peer Lesson pada kelas eksperiment menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran Konvesional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai post-test dari kelas eksperiment 75,35 dengan katagori cenderung tinggi 73,33% dan kelas kontrol sebesar 61,46 dengan katagori cukup 76,67. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% maka nilai post-test dari kedua kelas didapat bahwa harga hitung > (6,27227 > 1,671) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan juga signifikan Penggunaan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam