Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Produk Kelarutan dan Kelarutan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang terdiri dari 30 siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pembelajaran kimia yang dikembangkan berdasarkan expert judgement telah memenuhi standar kelayakan BSNP, rata-rata hasil validasi diperoleh skor kelayakan isi rata-rata (3,84 ), kelayakan bahasa (3,75), kelayakan penyajian (3,75), dan kelayakan grafis (3,76); 2) berdasarkan penilaian tanggapan guru dan siswa yang telah memenuhi standar kelayakan BSNP diperoleh berdasarkan materi (3,84), penampilan (3,87) dan manfaat (3,69); 3) hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan modul pembelajaran kimia Problem Based Learning lebih tinggi dari KKM (75) dengan rata-rata 81,07.