PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP GROUP DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian siswa kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Whatsapp Group dan Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 di SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP yang berjumlah 72 siswa dan merupakan jenis penelitian sensus, yaitu penelitian yang mengambil satu kelompok populasi sebagai sampel secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Untuk uji instrumen penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, untuk uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 52,9%. Dimana variabel X2 (Self Efficacy) memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar dibandingkan dengan variabel X1 (Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Whatsapp Group). Adapun nilai koefisien determinasi pada variabel X1 adalah sebesar 0,220 atau 22%, sedangkan variabel X2 memberikan kontribusi sebesar 0,309 atau 30,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022.