PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan berbantuan aplikasi GeoGebra (2) proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.A 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil secara acak dari 9 kelas. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 4 soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas Problem Based Learning sebesar 79,68 dan nilai rata-rata kelas Discovery Learning sebesar 74,02. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,031. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H_0 ditolak, H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dengan berbantuan aplikasi geogebra.