ctrlnum 49346
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49346/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP</title><creator>Mangunsong, Sonia Arga Novita</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan berbantuan aplikasi GeoGebra (2) proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.A 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil secara acak dari 9 kelas. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 4 soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas Problem Based Learning sebesar 79,68 dan nilai rata-rata kelas Discovery Learning sebesar 74,02. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,031. Oleh karena nilai sig &lt; 0,05, artinya H_0 ditolak, H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dengan berbantuan aplikasi geogebra.</description><date>2022-09-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/1/1.%20NIM.4183311055%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/2/2.%20NIM.4183311055%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/3/3.%20NIM.4183311055%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/4/4.%20NIM.4183311055%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/5/5.%20NIM.4183311055%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/6/6.%20NIM.4183311055%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/7/7.%20NIM.4183311055%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/8/8.%20NIM.4183311055%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/9/9.%20NIM.4183311055%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/10/13.%20NIM.4183311055%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49346/11/14.%20NIM.4183311055%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Mangunsong, Sonia Arga Novita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>49346</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mangunsong, Sonia Arga Novita
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP
publishDate 2022
isbn 9784183311054
topic LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LC Special aspects of education
url http://digilib.unimed.ac.id/49346/1/1.%20NIM.4183311055%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/2/2.%20NIM.4183311055%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/3/3.%20NIM.4183311055%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/4/4.%20NIM.4183311055%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/5/5.%20NIM.4183311055%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/6/6.%20NIM.4183311055%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/7/7.%20NIM.4183311055%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/8/8.%20NIM.4183311055%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/9/9.%20NIM.4183311055%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/10/13.%20NIM.4183311055%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/11/14.%20NIM.4183311055%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49346/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan berbantuan aplikasi GeoGebra (2) proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.A 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil secara acak dari 9 kelas. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 4 soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas Problem Based Learning sebesar 79,68 dan nilai rata-rata kelas Discovery Learning sebesar 74,02. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,031. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H_0 ditolak, H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dengan berbantuan aplikasi geogebra.
id IOS3150.49346
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:00:59Z
last_indexed 2023-02-26T14:00:59Z
recordtype dc
_version_ 1766033638483296256
score 17.538404