ctrlnum 49288
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49288/</relation><title>Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Efficacy Siswa</title><creator>Sakinah, Nurwadita</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan macromedia flash menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran matematika; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 30 medan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran project based learning; 3) peningkatan self-efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4-D). uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba I dilakukan di kelas VIII-3 dan uji coba II dilakukan di kelas VIII-5 di SMP Negeri 30 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas perangkat pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,72 (kategori &#x201C;Valid&#x201D;). Sementara itu, kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,86 (kategori &#x201C;Terlaksana dengan Baik&#x201D;). Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu, ketuntasan klasikal, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, skor observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. ketuntasan klasikal kemampuan [emecahan masalah matematis siswa pada uji coba II sebesar 87,5% (14 siswa). Rata-rata persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II sebesar 4,4 (kategori &#x201C;Terlaksana dengan Baik&#x201D;). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,07%, 26,8%, 26,87%, 13,89%, 7,78%, dan 2,32%. Rata-rata persentase hasil respon siswa pada uji coba II adalah 84,38% ; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangka pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari indeks gain ternormalisasi. Pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,56 (kriteria &#x201C;sedang&#x201D;); 3) Peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil self-efficacy siswa dari uji coba I yaitu 80,13 meningkat menjadi 85,31 pada uji coba II.</description><date>2022-07-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/2/1.%208196172022%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/1/2.%208196172022%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/3/3.%208196172022%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/4/4.%208196172022%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/5/5.%208196172022%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/6/6.%208196172022%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/7/7.%208196172022%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/8/8.%208196172022%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/10/13.%208196172022%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49288/9/12.%208196172022%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sakinah, Nurwadita (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>49288</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sakinah, Nurwadita
title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Efficacy Siswa
publishDate 2022
isbn 208196172022
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/49288/2/1.%208196172022%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/1/2.%208196172022%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/3/3.%208196172022%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/4/4.%208196172022%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/5/5.%208196172022%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/6/6.%208196172022%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/7/7.%208196172022%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/8/8.%208196172022%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/10/13.%208196172022%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/9/12.%208196172022%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49288/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan macromedia flash menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran matematika; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 30 medan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran project based learning; 3) peningkatan self-efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4-D). uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba I dilakukan di kelas VIII-3 dan uji coba II dilakukan di kelas VIII-5 di SMP Negeri 30 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas perangkat pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,72 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,86 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu, ketuntasan klasikal, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, skor observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. ketuntasan klasikal kemampuan [emecahan masalah matematis siswa pada uji coba II sebesar 87,5% (14 siswa). Rata-rata persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II sebesar 4,4 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,07%, 26,8%, 26,87%, 13,89%, 7,78%, dan 2,32%. Rata-rata persentase hasil respon siswa pada uji coba II adalah 84,38% ; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangka pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari indeks gain ternormalisasi. Pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,56 (kriteria “sedang”); 3) Peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil self-efficacy siswa dari uji coba I yaitu 80,13 meningkat menjadi 85,31 pada uji coba II.
id IOS3150.49288
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:00:57Z
last_indexed 2023-02-26T14:00:57Z
recordtype dc
_version_ 1766033638260998144
score 17.538404