PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning menggunakan video pembelajaran berbasis Realistics Mathematic Education yang bersifat valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variable. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 7 SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan dengan jumlah 30 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,316 yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan layak materi tersebut, dan hasil validasi RPP mendapatkan hasil rata-rata 3,33 yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan RPP layak, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh dengan mendapatkan hasil rata-rata 3,35 yang menunjukkan bahwa validator ahli media menyatakan layak, dan hasil dari validasi pre-test & post-test mendapatkan hasil persentase 97,5% yang menunjukkan bahwa validator ahli materi menyatakan sangat layak pre-test & post-test di uji pada siswa. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon menunjukkan nilai 91,41% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa dengan persentase 86,67% dan 91,41% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, hasil yang diperoleh tingkat kemampuan berpikir kritis siwa berada pada persentase 85,67% berada pada kategori tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0.7 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa