PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan stambuk 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self regulated learning dan adversity quotient terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan stambuk 2018. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 53 orang mahasiswa dan sampel berjumlah 53 orang mahasiswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket self regulated learning, adversity quotient, dan prestasi belajar dalam bentuk skala Likert sebanyak masing-masing 25 item soal. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa self regulated learning dan adversity quptient berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 28,760 + 0,205X1 + 0,469X2+ e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara self regulated learning terhadap prestasi belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel dimana 2,402 >1,675 dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara adversity quotient terhadap prestasi belajar mahasiswa dimana nilai thitung> ttabel dimana 3,478 > 1,675 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan niai Fhitung> Ftabel dimana 15,201 > 3,18 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa self regulated learning dan adveristy quotient berpengaruh positif positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan stambuk 2018.