Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning dan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum di SMK N 1 Kabanjahe. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas X OTKP 1, 2, dan 3 dengan jumlah sampel 85 siswa/i. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionable Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket secara online melalui google form. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Inquiry Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK N 1 Kabanjahe yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (3,427 > 1,98932) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan variabel Blended Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK N 1 Kabanjahe yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (5,576 > 1,98932) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,430 yang artinya sebesar 43% Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Kabanjahe dapat dijelaskan melalui Inquiry Learning dan Blended Learning. Sedangkan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.