Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran e-learning berbasis google classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan siswa SMK negeri 1 kabanjahe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 94 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling yaitu 100% dari populasi yaitu sebanyak 94 siswa. Teknik analisis menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan program SPSS 26, pada analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 22,865 + 0,572X1 + 0,479X2. Dari uji parsial (t) X1 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (5,381 > 1,986). Hal ini menunjukan bahwa Pembelajaran e-learning berbasis google classroom (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil Belajar Siswa (Y). Selanjutnya dari hasil uji secara parsial (t) X2 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (3,999>1,986). Ini berarti bahwa Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Dari uji simultan (F) diperoleh hasil fHitung > ftabel (56,8421>1,986) dengan signifikan a= 0,05 (0,000 < 0,05 ). Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran e-learning berbasis google classroom dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kabanjahe. Selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquare sebesar 0,546. Hal ini menunjukkan Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom dan Kemandirian Belajar berkontribusi sebesar 54,6% terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kabanjahe. Sedangkan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.