PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PASAR MODAL PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan bisnis angkatan 2017. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidkan bisnis stambuk 2017 fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan, jalan williem iskandar pasar V Medan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bisnis stambuk 2017 yang berjumlah 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 65 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel minat belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan didapatkan nilai thitung > ttabel (6,407 > 1,662) dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (3,197 > 1,662)dan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel minat belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung 39,060 > 3,10 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Variabel minat belajar (X1) dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam penerapan model pembelajaran blended learning (X2) memberikan pengaruh sebesar 47,6% terhadap motivasi belajar mahasiswa.