REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA
Main Author: | Lubis, Wildansyah |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/ |
Daftar Isi:
- Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di Sumatera Utara; 2) Mengeksplorasi gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara, 3) Memformulasikan model kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara; 4) Mengeksplorasi desain organisasi yang sesuai dengan model kepemimpinan yang telah dirumuskan di Sumatera Utara, dan 5) Menemukan desain organisasi yang mampu menghasilkan sumber-daya manusia yang berwawasan intelektual dan kebangsaan serta berkeperibadian unggul di Sumatera Utara. Tujuan pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3) dari studi ini telah dicapai pada tahun pertama. Hasil penelitian pada tahun pertama menemukan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera Utara cenderung Birokratik; 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera Utara cenderung Instruksional; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas sekolah belum menggunakan strategi dan rencana yang menjamin pencapaian tujuan memenuhi visi dan misi sekolah; 4) Guru berpandangan bahwa sekolah yang efektif ditunjukkan dengan terselenggaranya pembelajaran sesuai instruksi pimpinan, sesuai aturan berlaku, dan semua siswanya lulus ujian sesuai standar dipersyaratkan; 5) Secara teoritik, karakteristik kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru menganut paradigma birokratik. Selanjutnya pada tahun kedua, studi ini akan fokus pada pencapaian tujuan keempat (4) dan kelima (5) dengan mengacu pada temuan penelitian tahun pertama. Pada tahun kedua penelitian ini berupaya mengeksplorasi desain organisasi pendidikan yang mampu menginovasi model kepemimpinan instruksional dan birokratik agar mampu mengarahkan instruksi pada manajemen strategis, pengembangan sumberdaya manusia, dan pemberdayaan staff untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan. Luaran yang telah dicapai dari penelitian ini Adalah dua publikasi internasional di International Journal of Management in Education, dan tiga Proceedings Terindeks dari 1) 3rd AISTEEL-2018; 2) 1st ICETEP Padang- 2018; dan 3) 3rd ICES-UPI- 2019. Urgensi riset ini terletak pada rekomendasi pencapaian good governance di organisasi pendidikan melalui penguatan praktik kepemimpinan. Karena kepemimpinan pendidikan adalah instrument kunci untuk memaksimalkan fungsi organisasi pendidikan yang pada gilirannya akan berimplikasi pada prestasi peserta didik.