ctrlnum 45316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/45316/</relation><title>REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA</title><creator>Lubis, Wildansyah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB2341 Supervision and administration. Business management</subject><subject>LB2801 School Administration and Organization</subject><subject>LB2831 Administrative personnel</subject><subject>LB2832 Teaching personnel</subject><description>Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik guru,&#xD; kepala sekolah dan pengawas sekolah di Sumatera Utara; 2) Mengeksplorasi gaya&#xD; kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di&#xD; Sumatera Utara, 3) Memformulasikan model kepemimpinan yang sesuai dengan&#xD; karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara; 4)&#xD; Mengeksplorasi desain organisasi yang sesuai dengan model kepemimpinan yang telah&#xD; dirumuskan di Sumatera Utara, dan 5) Menemukan desain organisasi yang mampu&#xD; menghasilkan sumber-daya manusia yang berwawasan intelektual dan kebangsaan serta&#xD; berkeperibadian unggul di Sumatera Utara. Tujuan pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3)&#xD; dari studi ini telah dicapai pada tahun pertama. Hasil penelitian pada tahun pertama&#xD; menemukan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera&#xD; Utara cenderung Birokratik; 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di&#xD; Sumatera Utara cenderung Instruksional; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas&#xD; sekolah belum menggunakan strategi dan rencana yang menjamin pencapaian tujuan&#xD; memenuhi visi dan misi sekolah; 4) Guru berpandangan bahwa sekolah yang efektif&#xD; ditunjukkan dengan terselenggaranya pembelajaran sesuai instruksi pimpinan, sesuai aturan&#xD; berlaku, dan semua siswanya lulus ujian sesuai standar dipersyaratkan; 5) Secara teoritik,&#xD; karakteristik kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru menganut paradigma birokratik.&#xD; Selanjutnya pada tahun kedua, studi ini akan fokus pada pencapaian tujuan keempat (4) dan&#xD; kelima (5) dengan mengacu pada temuan penelitian tahun pertama. Pada tahun kedua&#xD; penelitian ini berupaya mengeksplorasi desain organisasi pendidikan yang mampu&#xD; menginovasi model kepemimpinan instruksional dan birokratik agar mampu mengarahkan&#xD; instruksi pada manajemen strategis, pengembangan sumberdaya manusia, dan&#xD; pemberdayaan staff untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan. Luaran yang telah&#xD; dicapai dari penelitian ini Adalah dua publikasi internasional di International Journal of&#xD; Management in Education, dan tiga Proceedings Terindeks dari 1) 3rd AISTEEL-2018; 2) 1st&#xD; ICETEP Padang- 2018; dan 3) 3rd ICES-UPI- 2019. Urgensi riset ini terletak pada&#xD; rekomendasi pencapaian good governance di organisasi pendidikan melalui penguatan&#xD; praktik kepemimpinan. Karena kepemimpinan pendidikan adalah instrument kunci untuk&#xD; memaksimalkan fungsi organisasi pendidikan yang pada gilirannya akan berimplikasi pada&#xD; prestasi peserta didik.</description><date>2019-11-07</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf</identifier><identifier> Lubis, Wildansyah (2019) REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA. Research Report. UNSPECIFIED, Medan. </identifier><recordID>45316</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lubis, Wildansyah
title REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA
publishDate 2019
topic LB Theory and practice of education
LB2341 Supervision and administration. Business management
LB2801 School Administration and Organization
LB2831 Administrative personnel
LB2832 Teaching personnel
url http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45316/
contents Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di Sumatera Utara; 2) Mengeksplorasi gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara, 3) Memformulasikan model kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara; 4) Mengeksplorasi desain organisasi yang sesuai dengan model kepemimpinan yang telah dirumuskan di Sumatera Utara, dan 5) Menemukan desain organisasi yang mampu menghasilkan sumber-daya manusia yang berwawasan intelektual dan kebangsaan serta berkeperibadian unggul di Sumatera Utara. Tujuan pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3) dari studi ini telah dicapai pada tahun pertama. Hasil penelitian pada tahun pertama menemukan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera Utara cenderung Birokratik; 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera Utara cenderung Instruksional; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas sekolah belum menggunakan strategi dan rencana yang menjamin pencapaian tujuan memenuhi visi dan misi sekolah; 4) Guru berpandangan bahwa sekolah yang efektif ditunjukkan dengan terselenggaranya pembelajaran sesuai instruksi pimpinan, sesuai aturan berlaku, dan semua siswanya lulus ujian sesuai standar dipersyaratkan; 5) Secara teoritik, karakteristik kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru menganut paradigma birokratik. Selanjutnya pada tahun kedua, studi ini akan fokus pada pencapaian tujuan keempat (4) dan kelima (5) dengan mengacu pada temuan penelitian tahun pertama. Pada tahun kedua penelitian ini berupaya mengeksplorasi desain organisasi pendidikan yang mampu menginovasi model kepemimpinan instruksional dan birokratik agar mampu mengarahkan instruksi pada manajemen strategis, pengembangan sumberdaya manusia, dan pemberdayaan staff untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan. Luaran yang telah dicapai dari penelitian ini Adalah dua publikasi internasional di International Journal of Management in Education, dan tiga Proceedings Terindeks dari 1) 3rd AISTEEL-2018; 2) 1st ICETEP Padang- 2018; dan 3) 3rd ICES-UPI- 2019. Urgensi riset ini terletak pada rekomendasi pencapaian good governance di organisasi pendidikan melalui penguatan praktik kepemimpinan. Karena kepemimpinan pendidikan adalah instrument kunci untuk memaksimalkan fungsi organisasi pendidikan yang pada gilirannya akan berimplikasi pada prestasi peserta didik.
id IOS3150.45316
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:51Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:51Z
recordtype dc
_version_ 1766033615614902272
score 17.538404