REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA
Main Author: | Lubis, Wildansyah |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/ |
ctrlnum |
45316 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/45316/</relation><title>REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA</title><creator>Lubis, Wildansyah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB2341 Supervision and administration. Business management</subject><subject>LB2801 School Administration and Organization</subject><subject>LB2831 Administrative personnel</subject><subject>LB2832 Teaching personnel</subject><description>Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik guru,
kepala sekolah dan pengawas sekolah di Sumatera Utara; 2) Mengeksplorasi gaya
kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di
Sumatera Utara, 3) Memformulasikan model kepemimpinan yang sesuai dengan
karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara; 4)
Mengeksplorasi desain organisasi yang sesuai dengan model kepemimpinan yang telah
dirumuskan di Sumatera Utara, dan 5) Menemukan desain organisasi yang mampu
menghasilkan sumber-daya manusia yang berwawasan intelektual dan kebangsaan serta
berkeperibadian unggul di Sumatera Utara. Tujuan pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3)
dari studi ini telah dicapai pada tahun pertama. Hasil penelitian pada tahun pertama
menemukan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera
Utara cenderung Birokratik; 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di
Sumatera Utara cenderung Instruksional; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas
sekolah belum menggunakan strategi dan rencana yang menjamin pencapaian tujuan
memenuhi visi dan misi sekolah; 4) Guru berpandangan bahwa sekolah yang efektif
ditunjukkan dengan terselenggaranya pembelajaran sesuai instruksi pimpinan, sesuai aturan
berlaku, dan semua siswanya lulus ujian sesuai standar dipersyaratkan; 5) Secara teoritik,
karakteristik kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru menganut paradigma birokratik.
Selanjutnya pada tahun kedua, studi ini akan fokus pada pencapaian tujuan keempat (4) dan
kelima (5) dengan mengacu pada temuan penelitian tahun pertama. Pada tahun kedua
penelitian ini berupaya mengeksplorasi desain organisasi pendidikan yang mampu
menginovasi model kepemimpinan instruksional dan birokratik agar mampu mengarahkan
instruksi pada manajemen strategis, pengembangan sumberdaya manusia, dan
pemberdayaan staff untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan. Luaran yang telah
dicapai dari penelitian ini Adalah dua publikasi internasional di International Journal of
Management in Education, dan tiga Proceedings Terindeks dari 1) 3rd AISTEEL-2018; 2) 1st
ICETEP Padang- 2018; dan 3) 3rd ICES-UPI- 2019. Urgensi riset ini terletak pada
rekomendasi pencapaian good governance di organisasi pendidikan melalui penguatan
praktik kepemimpinan. Karena kepemimpinan pendidikan adalah instrument kunci untuk
memaksimalkan fungsi organisasi pendidikan yang pada gilirannya akan berimplikasi pada
prestasi peserta didik.</description><date>2019-11-07</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf</identifier><identifier> Lubis, Wildansyah (2019) REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA. Research Report. UNSPECIFIED, Medan. </identifier><recordID>45316</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Document:Monograph Document PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Lubis, Wildansyah |
title |
REINVENTING MODEL KEPEMIMPINAN DAN DESAIN ORGANISASI PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA |
publishDate |
2019 |
topic |
LB Theory and practice of education LB2341 Supervision and administration. Business management LB2801 School Administration and Organization LB2831 Administrative personnel LB2832 Teaching personnel |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/45316/2/PEER%20REVIEW.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45316/ |
contents |
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik guru,
kepala sekolah dan pengawas sekolah di Sumatera Utara; 2) Mengeksplorasi gaya
kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di
Sumatera Utara, 3) Memformulasikan model kepemimpinan yang sesuai dengan
karakteristik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sumatera Utara; 4)
Mengeksplorasi desain organisasi yang sesuai dengan model kepemimpinan yang telah
dirumuskan di Sumatera Utara, dan 5) Menemukan desain organisasi yang mampu
menghasilkan sumber-daya manusia yang berwawasan intelektual dan kebangsaan serta
berkeperibadian unggul di Sumatera Utara. Tujuan pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3)
dari studi ini telah dicapai pada tahun pertama. Hasil penelitian pada tahun pertama
menemukan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Sumatera
Utara cenderung Birokratik; 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di
Sumatera Utara cenderung Instruksional; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan pengawas
sekolah belum menggunakan strategi dan rencana yang menjamin pencapaian tujuan
memenuhi visi dan misi sekolah; 4) Guru berpandangan bahwa sekolah yang efektif
ditunjukkan dengan terselenggaranya pembelajaran sesuai instruksi pimpinan, sesuai aturan
berlaku, dan semua siswanya lulus ujian sesuai standar dipersyaratkan; 5) Secara teoritik,
karakteristik kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru menganut paradigma birokratik.
Selanjutnya pada tahun kedua, studi ini akan fokus pada pencapaian tujuan keempat (4) dan
kelima (5) dengan mengacu pada temuan penelitian tahun pertama. Pada tahun kedua
penelitian ini berupaya mengeksplorasi desain organisasi pendidikan yang mampu
menginovasi model kepemimpinan instruksional dan birokratik agar mampu mengarahkan
instruksi pada manajemen strategis, pengembangan sumberdaya manusia, dan
pemberdayaan staff untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan. Luaran yang telah
dicapai dari penelitian ini Adalah dua publikasi internasional di International Journal of
Management in Education, dan tiga Proceedings Terindeks dari 1) 3rd AISTEEL-2018; 2) 1st
ICETEP Padang- 2018; dan 3) 3rd ICES-UPI- 2019. Urgensi riset ini terletak pada
rekomendasi pencapaian good governance di organisasi pendidikan melalui penguatan
praktik kepemimpinan. Karena kepemimpinan pendidikan adalah instrument kunci untuk
memaksimalkan fungsi organisasi pendidikan yang pada gilirannya akan berimplikasi pada
prestasi peserta didik. |
id |
IOS3150.45316 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T13:59:51Z |
last_indexed |
2023-02-26T13:59:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033615614902272 |
score |
17.538404 |