Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan 4C Pada Materi Suhu dan Kalor
Daftar Isi:
- Industri 4.0 merupakan tantangan terbuka untuk pengembangan keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki adalah keterampilan 4C (keterampilan berpikir kirtis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi). Keempat keterampilan ini bisa dilatih melalui pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksprimen (eksprimen semu) sebab kelas yang dipakai untuk perlakuan (treatment) merupakan kelas yang sudah terbentuk sebelumnya. Dua kelompok belajar dijadikan sampel penelitian yang dibedakan atas kategori kelas eksprimen dengan model pembelajaran Project Based Learning terintegritas STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas XI semester genap di MAN 2 Labuhanbatu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen > nilai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t berpasangan, diketahui signifikansi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM terhadap keterampilan 4C pada materi Suhu dan Kalor.