PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 060858 MEDAN TEMBUNG T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada masalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing di Kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020? 2) Bagaimanakah penerapan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing di Kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020, 2) Penerapan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020, 3) dan Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperement dengan menggunakan desain penelitian pretest-postetst group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060858 Medan Tembung yang berjumlah 45 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling (Sampling Pertimbangan). Sampel yang digunakan berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan maka didapatkan thitung memperoleh nilai 4,694, dan ttabel adalah 1,717 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020.