Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dalam penerapan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Model Pembelajaran Contextual Teacing and Learning Pada Mata Pelajaran Korespondensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2020/2021. Waktu penelitian dilakukan ialah pada semester Ganjil T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 71 siswa dan terdiri dari 2 kelas. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Sampel Jenuh, sampel yang digunakan ialah X AP 1 sebagai kelas Eksperimen I yang berjumlah 34 siswa dan X AP 2 sebagai kelas Eksperimen II yang berjumlah 37 siswa. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas Eksperimen I nilai rata-rata pre-test 39,11 dan post-test 83,97. Sedangkan kelas Eksperimen II nilai rata-rata pre-test 37,43 dan post-test 81,08. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dan variabel yang menggunakan model Active Knowledge Sharing diperoleh thitung = 1,894 sedangkan ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, thitung > ttabel (1,894 > 1,667), serta nilai sig <α (0,062 < 0,05). Sedangkan variabel yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning diperoleh nilai thitung = 1.889 dengan ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, thitung > ttabel (1,889 > 1,667) serta nilai sig <α (0,063 < 0,05). Dengan membandingkan kedua nilai tersebut dapat disimpulkan thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar Korespondensi yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih berpengaruh dibanding dengan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas X AP di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2020/2021.