Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja yang diajarkan dengan model pembelajaran Role Playing Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) kelas X TP semester I SMK N 2 Binjai. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara kelompok yang mengambil dua kelas, kelas X TP1 yang berjumlah 30 orang dan kelas X TP2 yang berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 30 soal. Pada kelas X TP1 sebagai kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran role playing sedangkan pada kelas X TP2 sebagai kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD kemudian di berikan postes pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data postes di peroleh hasil belajar siswa mata pelajaran keselamatan kesehatan kerja pada kelas role playing memiliki nilai rata-rata = 80,00 dan nilai rata-rata kelas STAD = 75,13 sehingga diperoleh nilai thitung = 2,18 dan ttabel = 2,02 dengan kriteria thitung >ttabel (2,18 > 2,02) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja yang diajarkan dengan model pembelajaran role playing lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa mata pelajaran keselamatan kesehatan kerja yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) kelas X TP1 dan kelas X TP2 di SMK N 2 Binjai.