Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di SMAN 1 Baktiraja. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan true experimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Baktiraja yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (cluster random sampling) dengan mengambil dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan blended learning dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 buah yang divalidkan oleh validator. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 31,67 dan 33,33. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 74,16 dan 67,08. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan model blended learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di SMAN 1 Baktiraja.