Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 3) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunkan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Swasta Al-HikmahMedan kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Model Discovery Learning telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan; 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:Rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 80,94 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 88,75 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,30 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,62 kategori sedang; 3)Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 81,19 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 84,38 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,31 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,42 kategori sedang.