Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif PadaMateri Laju Reaksi

Main Authors: Hajar, Siti, Nurfajriani, , Halimah, Nur
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43194/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43194/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan multimedia Learning Articulate Storyline berdasarkan Discovery Learning tanpa menggunakan multimedia Articulate Storyline pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalahsiswa MAN 3 Medan Kelas XI MIA 2 sebagai Kelas Eksperimen I dan Kelas XI MIA 4 sebagai Kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berpikir kreatif yang terdiri dari 4 pertanyaan esai dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak untuk menentukan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan perlakuan yang berbeda. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir siswa dengan memperoleh thitung> ttabel, 2,739> 2,021. Jadi Ha diterima karena berada di daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan multimedia Learning Articulate Storyline berdasarkan Discovery Learning dan mereka yang diajarkan multimedia Articulate Storyline.