Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Main Authors: Utami, Tia, Darmana, Ayi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43185/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap minat belajar siswa, (3) Interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa , (4) Perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gebang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif dan instrumen nontes berupa angket. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian: (1) Pemberian pre-test di awal, (2) Proses Pembelajaran, (3) Pemberian post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,53).