Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Main Authors: Utami, Tia, Darmana, Ayi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43185/
ctrlnum 43185
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43185/</relation><title>Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa</title><creator>Utami, Tia</creator><creator>Darmana, Ayi</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap minat belajar siswa, (3) Interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa , (4) Perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gebang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif dan instrumen nontes berupa angket. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian: (1) Pemberian pre-test di awal, (2) Proses Pembelajaran, (3) Pemberian post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,53).</description><date>2020-12-12</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf</identifier><identifier> Utami, Tia and Darmana, Ayi (2020) Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan. </identifier><recordID>43185</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Utami, Tia
Darmana, Ayi
title Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
publishDate 2020
topic LB1603 Secondary Education. High schools
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43185/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap minat belajar siswa, (3) Interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa , (4) Perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gebang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif dan instrumen nontes berupa angket. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian: (1) Pemberian pre-test di awal, (2) Proses Pembelajaran, (3) Pemberian post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,53).
id IOS3150.43185
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
recordtype dc
_version_ 1766033604854415360
score 17.538404