Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
Main Authors: | Utami, Tia, Darmana, Ayi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43185/ |
ctrlnum |
43185 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43185/</relation><title>Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa</title><creator>Utami, Tia</creator><creator>Darmana, Ayi</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap minat belajar siswa, (3) Interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa , (4) Perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gebang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif dan instrumen nontes berupa angket. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian: (1) Pemberian pre-test di awal, (2) Proses Pembelajaran, (3) Pemberian post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,53).</description><date>2020-12-12</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf</identifier><identifier> Utami, Tia and Darmana, Ayi (2020) Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan. </identifier><recordID>43185</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Utami, Tia Darmana, Ayi |
title |
Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa |
publishDate |
2020 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools LB2331.7 Teaching personnel LB2361 Curriculum QD Chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/43185/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43185/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap minat belajar siswa, (3) Interaksi antara bahan ajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa , (4) Perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gebang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif dan instrumen nontes berupa angket. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian: (1) Pemberian pre-test di awal, (2) Proses Pembelajaran, (3) Pemberian post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,53). |
id |
IOS3150.43185 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T13:59:17Z |
last_indexed |
2023-02-26T13:59:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033604854415360 |
score |
17.538404 |