Efektivitas Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa PadaMateri Laju Reaksi
Main Authors: | Banjarnahor, Yuni Ariyani, Hutabarat, Wesly |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43162/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43162/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif-kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Pinggir, SMAN 2 Percut Sei Tuan dan SMAS Imelda Medan. Dalam penelitian ini, responden yang berkaitan sebanyak tiga guru kimia XI MIA dari tiga sekolah dan sampel siswa sebanyak 32 orang dari dua kelas tiap sekolah.. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif, angket, wawancara dan dokumentasi. Peningkatan hasil belajar di SMAN 1 Pinggir dan SMAS Imelda Medan meningkat sedang atau cukup efektif karena nilai gain tidak lebih dari 0,7 dan tidak kurang dari 0,3 sedangkan peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 2 Percut Sei Tuan mengalami peningkatan yang tinggi karena nilai gain diatas 0,7 atau efektif. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Keberhasilan penggunaan metode pembelajaran diskusi interaktif, tanya jawab dan ceramah menggunakan media google classroom, whatsapp group dan zoom tampak dari rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa kelas XI MIA 3 dan 4 di SMAN 2 Percut Sei Tuan secara berurut sebesar 57,81 dan 43,24; 82,34 dan 81,72. Dibalik efektifnya pembelajaran daring tersebut, masih terdapat kendala yang harus dihadapi karena faktor sarana dan prasarana serta kurang kesiapan edukasi teknologi.