Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Siswa MAN 1 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; 4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan; 5) Menganalisis pencapaian adversity quotient siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IS-1 dan X Is-2 MAN 1 Medan tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria valid; 2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan daring meningkat ditinjau dari: rata-rata N-Gain uji coba I sebesar 0,3 pada kategori rendah dan rata-rata N-Gain uji coba II sebesar 0,6 pada kategori sedang; 3) Pencapaian kemampuan Adversity Quotient siswa meningkat ditinjau dari: rata-rata hasil Adversity Response Profile (ARP) siswa uji coba I sebesar 125,43 meningkat menjadi 154,13 pada uji coba II dan meningkat sebesar 28,70 ; 4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria praktis, 5) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria efektif.