PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK SWASTAJAMBI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Joyful Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta JAMBI Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka dilakukan uji coba instrument untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata – rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata – rata pre-test dan post-test yaitu 42,22 dan 70,92. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata – rata pre-test dan post-test yaitu 48,75 dan 64,37. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,217 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan yaitu thitung > ttabel yaitu 2,217 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pembelajaran biaya overhead pabrik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Joyful Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.