Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang signifikan atara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan media Bingo dengan siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa media Bingo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Univa Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest dari 20 pilihan ganda dan angket aktivitas siswa yang telah di validasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t dan pengujian hipotesis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh yaitu ada pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Bingo pada materi laju reaksi, serta peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas eksperiment sebesar 83% yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 62%.