ctrlnum 42258
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/42258/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BINGO PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA</title><creator>Manurung, Sofia Andini</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>QD Chemistry</subject><subject>QD450 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang signifikan atara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan media Bingo dengan siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa media Bingo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Univa Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest dari 20 pilihan ganda dan angket aktivitas siswa yang telah di validasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t dan pengujian hipotesis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh yaitu ada pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Bingo pada materi laju reaksi, serta peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas eksperiment sebesar 83% yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 62%.</description><date>2020-06-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/1/1%20NIM%204161131037%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/2/2%20NIM%204161131037%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/3/3%20NIM%204161131037%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/4/4%20NIM%204161131037%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/5/5%20NIM%204161131037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/6/9%20NIM%204161131037%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/7/13%20NIM%204161131037%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42258/8/14%20NIM%204161131037%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Manurung, Sofia Andini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BINGO PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>42258</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Manurung, Sofia Andini
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BINGO PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA
publishDate 2020
isbn 204161131037
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
QD Chemistry
QD450 Physical and theoretical chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/42258/1/1%20NIM%204161131037%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/2/2%20NIM%204161131037%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/3/3%20NIM%204161131037%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/4/4%20NIM%204161131037%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/5/5%20NIM%204161131037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/6/9%20NIM%204161131037%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/7/13%20NIM%204161131037%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/8/14%20NIM%204161131037%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42258/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang signifikan atara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan media Bingo dengan siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa media Bingo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Univa Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest dari 20 pilihan ganda dan angket aktivitas siswa yang telah di validasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t dan pengujian hipotesis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh yaitu ada pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Bingo pada materi laju reaksi, serta peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas eksperiment sebesar 83% yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 62%.
id IOS3150.42258
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:58:50Z
last_indexed 2023-02-26T13:58:50Z
recordtype dc
_version_ 1766033598718148608
score 17.538404