ctrlnum 42246
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/42246/</relation><title>Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Jendral Sudirman Medan</title><creator>Panjaitan, Hendrikson R.</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 2) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 3) Menganalisis indikator pemecahan masalah dan berpikir kreatif manakah yang lebih dominan dengan menggunakan model Problem Based Learning. 4) Menganalisis banyaknya indikator yang sulit dari kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa SMP Jendral Sudirman Medan Kelas VIII sebanyak 38 orang siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 11 orang (28,94 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 8 orang (21,05 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 19 orang (50%). 2) Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 8 orang (21,05 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 15 orang (39,47 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 15 orang (39,47%). 3) Siswa yang memiliki berpikir kreatif matematis tinggi dengan skor 93,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi juga dengan skor 93,75. Siswa yang memiliki berpikir kreatif sedang dengan skor 75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sedang juga dengan skor 68,75, dan siswa yang memiliki berpikir kreatif rendah dengan skor 43,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah pula dengan skor 50.</description><date>2020-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/1/1.%20NIM.%208176171013%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/2/2.%20NIM.%208176171013%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/3/3.%20NIM.%208176171013%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/4/4.%20NIM.%208176171013%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/5/5.%20NIM.%208176171013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/6/6.%20NIM.%208176171013%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/7/7.%20NIM.%208176171013%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/8/8.%20NIM.%208176171013%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/9/12.%20NIM.%208176171013%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42246/10/13.%20NIM.%208176171013%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Panjaitan, Hendrikson R. (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Jendral Sudirman Medan. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>42246</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Panjaitan, Hendrikson R.
title Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Jendral Sudirman Medan
publishDate 2020
isbn 208176171013
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
LB2361 Curriculum
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/42246/1/1.%20NIM.%208176171013%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/2/2.%20NIM.%208176171013%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/3/3.%20NIM.%208176171013%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/4/4.%20NIM.%208176171013%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/5/5.%20NIM.%208176171013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/6/6.%20NIM.%208176171013%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/7/7.%20NIM.%208176171013%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/8/8.%20NIM.%208176171013%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/9/12.%20NIM.%208176171013%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/10/13.%20NIM.%208176171013%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/42246/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 2) Menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. 3) Menganalisis indikator pemecahan masalah dan berpikir kreatif manakah yang lebih dominan dengan menggunakan model Problem Based Learning. 4) Menganalisis banyaknya indikator yang sulit dari kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa SMP Jendral Sudirman Medan Kelas VIII sebanyak 38 orang siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 11 orang (28,94 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 8 orang (21,05 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 19 orang (50%). 2) Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Problem Based Learning. Siswa berkemampuan tinggi ada sebanyak 8 orang (21,05 %), siswa berkemampuan sedang sebanyak 15 orang (39,47 %), dan siswa berkemampuan rendah ada sebanyak 15 orang (39,47%). 3) Siswa yang memiliki berpikir kreatif matematis tinggi dengan skor 93,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi juga dengan skor 93,75. Siswa yang memiliki berpikir kreatif sedang dengan skor 75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sedang juga dengan skor 68,75, dan siswa yang memiliki berpikir kreatif rendah dengan skor 43,75 memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah pula dengan skor 50.
id IOS3150.42246
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:58:50Z
last_indexed 2023-02-26T13:58:50Z
recordtype dc
_version_ 1766033598665719808
score 17.538404