PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 6 MEDAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK N 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK N 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019”. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 6 Medan, yang beralamat di jln. Jambi No. 23 Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Random total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X AP1 dan ekperimen 2 kelas X AP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 1 32,63 dengan Standar Deviasi 12,68 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning = 78,19 dengan standar deviasi 28,45. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 2 47,36 dengan Standar Deviasi 9,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan menggunakan model Student Team Achievement Division = 69,58 dengan standar deviasi 13,27. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung > Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,805 > 1,668), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 70. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Student Team Achievement Division Pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X AP SMK N 6 Medan T.P 2018/2019.