PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEER ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BISNIS DAN MANAJEMEN (BM) SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Swasta Sinar Husni Medan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Peer Assessment. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Swasta Sinar Husni Medan pada semester genap T.P 2019/2020 dengan subjek siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket untuk melihat motivasi belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Diperoleh hasil motivasi belajar akuntansi siswa pada siklus II yaitu motivasi sangat tinggi sebanyak 24 siswa (72,73%), motivasi tinggi sebanyak 6 siswa (18,18%) dan motivasi sedang sebanyak 3 siswa (9,09%). Ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II yang mana 30 siswa (90,9%) dari jumlah siswa telah memperoleh skor ≥ 61. Kemudian hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I terdapat 21 siswa (63,64%) dengan nilai ratarata 74,55. Sedangkan pada siklus II terdapat 30 siswa (90,9%) dengan nilai ratarata 87,97. Ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai ≥75. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Peer Assessment dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Swasta Sinar Husni Medan T.P 2019/2020.