Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan inkuiri. (2) Untuk menganalisis perbedaan self-efficacy siswa yang diajar melalui melalui pendekatan matematika realistik dengan pendekatan inkuiri. (3) Untuk menganalisis interaksi antara pendekatan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri) dan KAM (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (4) Untuk menganalisisinteraksi antara pendekatan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri) dan KAM (tinggi, sedang dan rendah) terhadap self-efficacy siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah artikel jurnal mengenai perbedaan kemampuan koneksi matematis dan self – efficacy antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pendekatan inkuiri. Dengan metode pengumpulan data studi pustaka. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pendekatan inkuiri. (2) Terdapat perbedaan self-efficacy siswa antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pendekatan inkuiri. (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampua awal matematika terhadap self-efficacy.