Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Pengaruh Kompetensi Guru dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 dengan populasi siswa sebanyak 139 siswa di kelas XI Akuntansi. Sampel penelitian diperoleh dari teknik Random Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 103 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner untuk variabel kompetensi guru dan cara belajar siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dan pengumpulan data untuk prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan, 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa (nilai thitung > ttabel(2,621 > 1,660) dan taraf signifikansi 5 %). 2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, (nilai thitung > ttabel(7,650 > 1,660) dan taraf signifikansi 5 %). 3. Terdapat pengaruh antara kompetensi guru dan cara belajar siswa secara bersama – sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi pada mata Pelajaran akuntansi di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. (fhitung sebesar 147,477 dan Ftabel sebesar 3,09.Dengan demikian nilai Fhitung > Ftabel (147,477 > 3,09) dan taraf signifikansi 5 %)